Thursday, December 22, 2011

KaBuyutan KAWALI - CIAMIS


KaBuyutan KAWALI - CIAMIS

 tah ieu situs KAWALI kusabab runtag hayeuh BATU2NA anu pasolengkrah ditancebkeun kawas NISAN .... padahal mah lain lai kitu ... sok aya2 wae
 apan ASTANAGEDE teh lain hartina KUBURAN .... ambuing JAMAN
 teu kulantaran TEU NGARTI atawa EMBUNG NGARTI
 ngan nu teges mah TEU PIKAHARTIEUN,


ASTANA GEDE soteh dinamian astana ku KIWARI .... da PRASASTI na mah nyebat ieu teh TAPAK WALAS TAPA BHAGAna PREBU RAJA WASTU anu MANGADEG di KUTA KAWALI ,,,,

KABUYUTAN anu kiwari disebut ASTANAGEDE (INDRAYASA) dina suku GUNUNG SAWAL teh disbatna WANAKUSUMA

………….

Carita PARAHIYANGAN: RA HIYANG PREBU WASTU (KANCANA)

 " Aya deui putra Prebu, kasohor ngaranna, nya eta Prebu Niskalawastu kancana, nu tilem di Nusalarang gunung Wanakusuma. Lawasna jadi ratu saratus opat taun, lantaran hade ngajalankeun agama, nagara gemah ripah. Sanajan umurna ngora keneh, tingkah lakuna  seperti nu geus rea luangna, lantaran ratu eleh ku satmata,nurut ka nu ngasuh, Hiang Bunisora,nu hilang di Gegeromas. Batara Guru di Jampang..."
***
TAH ... teges apan dina carita PARAHIYANGAN rehna kabuyutan KAWALI anu ceuk KIWARI mah ASTANAGEDE anu ceuk WALANDA (K.F.HOLLE jeung CM.PLEYTE) mah KAWALI teh salleresna WANA KUSUMA alias NUSALARANG

…..
ai WALANDA padu 'POK' nganamian kuma behna lelebahna wae tapi teu nyangking kana PRASASATIna heula

………………..
KAWALI 'kabuyutan TAPA BHAGA Rahiyang Wastukancana'

Bati peureu tinggal nu atis tina rasa:  menyiratkan seseorang yang menjalani laku tapa guna menghilangkan kotoran dan noda (peureu) yang melekat dan mengendap dalam jiwa dan raga. Layaknya melepas karat pada logam ataupun mengendapkan lumpur (di dasar danau) dan peureu (di dasar sungai) hingga keruh perlahan-lahan (berproses dalam tapa) mengendap turun kebawah dan bening pun perlahan lahan naik ke permukaan kian lama kian bening dan tawar tanpa rasa (atis tina rasa). Melambangkan seseorang yang telah bersih (suci) tanpa rasa "teu naon2 ku naon2"

Tiba pada hakikat yang tertinggi menyatu (manunggal) dengan sang Cipta dilambangkan Batu Panyandungan (Penyatuan) berpahatkan tulisan SANGHIYANG LINGGA HIYANG (totalitas dan tiada batas ruang dan waktu).

 Oleh karena itu simbol PENYATUAN 'bersatunya RAGA - SUKMA - ATMA dengan LELUHUR dan SANG MAHA' dilambangkan dengan MENHIR AJEG (sunda: PANYANDUNGAN).

 MENHIR AJEG itu tiada lain adalah AKU yang menyatu dengan DIRInya.

………………….
PITEKET PAJAJARAN (Pr. KABANTENAN SRI BADUGA MAHARAJA)Lempeng E42a: muka
               
 1.        //0// om awighnamastu nihan sakakala RA-
 2.        HIYANG WASTU KANCANA pun/turun ka RA
 3.        HIYANG NINGRAT KANCANA /maka nguni ka susuhunan
 4.        na di PAKWAN PAJAJARAN pun/ mulah mo mihape

 (Semoga tiada halangan inilah sakakala (peringatan kepada) leluhur
 yang terhormat Wastukancana/ pernah diturunkan (disampaikan) kepada leluhur 
 yang terhormat Ningratkancana/ peringatan yang dahulu itu kini dsampaikan kepada yang bertahta (memimpin) Pakwan Pajajaran, maka kutitipkan ....

………..
CIRI atau karakter KABUYUTAN
SATU ciri atau karakter KABUYUTAN atau BANGUNAN PUSAT UPACARA KEAGAMAAN KARUHUN TATAR SUNDA adalah jangan dibayangkan sebagaimana bangunan pusat upacara keagamaan layaknya CANDI. Samasekali bukan itu... SUNDA memiliki sifat MELESTARIKAN ALAM TEMPATNYA MELANGSUNGKAN KEHIDUPAN karena itu ALAM merupakan INDUNG yang disebutnya AMBU, maka itu apapun bentuk perilaku yang dihasikannya adalah MULASARA INDUNG!

 Bangunan pusat upacaranya yang disebut KABUYUTAN memang sejak dari jaman BUYUT dari yang paling dekat hingga ke yang terjauh ..... sipat MULASARA ini diterap kan dengan TIDAK MENGEKSPLOITASI ALAM LINGKUNGAN melainkan memanfaatkan hanya selaras kebutuhan saja.

 Karena itu SUNDA baru mengenal BERSAWAH pada akhir abad ke XVI dan itu terbukti kata SAWAH yang paling tua baru ditemukan pada NASKAH SULANJANA (sangat ber- terimakasih kepada kang Akoer Lah yang telah memPOSTINGnya di KAKANCAH...)

 Asli MASYARAKAT SUNDA adalah PELADANG maka itu budaya bertani mereka adalah BERLADANG dan sekali lagi tetap berpegang pada SIKLUS ALAM SEMESTA, seminim mungkin merusak tanah (alam)!

Rahayu
 cag
ti : AMBU Richadiana
di Edit ulang : Akang Lii

No comments:

Post a Comment