KaBuyutan KAWALI - CIAMIS
tah ieu situs KAWALI
kusabab runtag hayeuh BATU2NA anu pasolengkrah ditancebkeun kawas NISAN ....
padahal mah lain lai kitu ... sok aya2 wae
apan ASTANAGEDE teh
lain hartina KUBURAN .... ambuing JAMAN
teu kulantaran TEU NGARTI atawa EMBUNG NGARTI
ngan nu teges mah TEU PIKAHARTIEUN,
ASTANA GEDE soteh dinamian astana ku KIWARI .... da PRASASTI
na mah nyebat ieu teh TAPAK WALAS TAPA BHAGAna PREBU RAJA WASTU anu MANGADEG di
KUTA KAWALI ,,,,
KABUYUTAN anu kiwari disebut ASTANAGEDE (INDRAYASA) dina
suku GUNUNG SAWAL teh disbatna WANAKUSUMA
………….
Carita PARAHIYANGAN: RA HIYANG PREBU WASTU (KANCANA)
" Aya deui putra
Prebu, kasohor ngaranna, nya eta Prebu Niskalawastu kancana, nu tilem di
Nusalarang gunung Wanakusuma. Lawasna jadi ratu saratus opat taun, lantaran
hade ngajalankeun agama, nagara gemah ripah. Sanajan umurna ngora keneh,
tingkah lakuna seperti nu geus rea
luangna, lantaran ratu eleh ku satmata,nurut ka nu ngasuh, Hiang Bunisora,nu
hilang di Gegeromas. Batara Guru di Jampang..."
***
TAH ... teges apan dina carita PARAHIYANGAN rehna kabuyutan
KAWALI anu ceuk KIWARI mah ASTANAGEDE anu ceuk WALANDA (K.F.HOLLE jeung
CM.PLEYTE) mah KAWALI teh salleresna WANA KUSUMA alias NUSALARANG
…..
ai WALANDA padu 'POK' nganamian kuma behna lelebahna wae
tapi teu nyangking kana PRASASATIna heula
………………..
KAWALI 'kabuyutan TAPA BHAGA Rahiyang Wastukancana'
Bati peureu tinggal nu atis tina rasa: menyiratkan seseorang yang menjalani laku
tapa guna menghilangkan kotoran dan noda (peureu) yang melekat dan mengendap
dalam jiwa dan raga. Layaknya melepas karat pada logam ataupun mengendapkan
lumpur (di dasar danau) dan peureu (di dasar sungai) hingga keruh
perlahan-lahan (berproses dalam tapa) mengendap turun kebawah dan bening pun
perlahan lahan naik ke permukaan kian lama kian bening dan tawar tanpa rasa
(atis tina rasa). Melambangkan seseorang yang telah bersih (suci) tanpa rasa
"teu naon2 ku naon2"
Tiba pada hakikat yang tertinggi menyatu (manunggal) dengan
sang Cipta dilambangkan Batu Panyandungan (Penyatuan) berpahatkan tulisan
SANGHIYANG LINGGA HIYANG (totalitas dan tiada batas ruang dan waktu).
Oleh karena itu
simbol PENYATUAN 'bersatunya RAGA - SUKMA - ATMA dengan LELUHUR dan SANG MAHA'
dilambangkan dengan MENHIR AJEG (sunda: PANYANDUNGAN).
MENHIR AJEG itu tiada
lain adalah AKU yang menyatu dengan DIRInya.
………………….
PITEKET PAJAJARAN (Pr. KABANTENAN SRI BADUGA
MAHARAJA)Lempeng E42a: muka
1. //0// om awighnamastu nihan sakakala RA-
2. HIYANG WASTU KANCANA pun/turun ka RA
3. HIYANG NINGRAT KANCANA /maka nguni ka
susuhunan
4. na
di PAKWAN PAJAJARAN pun/ mulah mo mihape
(Semoga tiada halangan inilah sakakala
(peringatan kepada) leluhur
yang terhormat Wastukancana/ pernah
diturunkan (disampaikan) kepada leluhur
yang terhormat
Ningratkancana/ peringatan yang dahulu itu kini dsampaikan kepada yang bertahta
(memimpin) Pakwan Pajajaran, maka kutitipkan ....
………..
CIRI atau karakter KABUYUTAN
SATU ciri atau karakter KABUYUTAN atau BANGUNAN PUSAT
UPACARA KEAGAMAAN KARUHUN TATAR SUNDA adalah jangan dibayangkan sebagaimana
bangunan pusat upacara keagamaan layaknya CANDI. Samasekali bukan itu... SUNDA
memiliki sifat MELESTARIKAN ALAM TEMPATNYA MELANGSUNGKAN KEHIDUPAN karena itu
ALAM merupakan INDUNG yang disebutnya AMBU, maka itu apapun bentuk perilaku
yang dihasikannya adalah MULASARA INDUNG!
Bangunan pusat
upacaranya yang disebut KABUYUTAN memang sejak dari jaman BUYUT dari yang
paling dekat hingga ke yang terjauh ..... sipat MULASARA ini diterap kan
dengan TIDAK MENGEKSPLOITASI ALAM LINGKUNGAN melainkan memanfaatkan hanya
selaras kebutuhan saja.
Karena itu SUNDA baru
mengenal BERSAWAH pada akhir abad ke XVI dan itu terbukti kata SAWAH yang
paling tua baru ditemukan pada NASKAH SULANJANA (sangat ber- terimakasih kepada
kang Akoer Lah yang telah memPOSTINGnya di KAKANCAH...)
Asli MASYARAKAT SUNDA
adalah PELADANG maka itu budaya bertani mereka adalah BERLADANG dan sekali lagi
tetap berpegang pada SIKLUS ALAM SEMESTA, seminim mungkin merusak tanah (alam)!
Rahayu
cag
ti : AMBU
Richadiana
di Edit ulang :
Akang Lii
No comments:
Post a Comment