WJU (Wawacan Jaka Ula Jaka uli)
Tersebutlah
sebuah negara bernama Raga taya. Pemegang tahta kerajaan
bernama
Raden Howasul Howas dengan permaisuri bernama Nyi Raden Sareat, Nyi Raden
Tarikaton, Nyi Raden Hakekat, dan Nyi Raden Maripat. Patihnya bernama Raden
Batara Suria Katon dan Raden Wulanyata. Kedua patih tersebut masih saudara
raja.
Raja
memiliki dua orang putra yang sangat tampan bernama Raden Jaka Ula dan Raden
Jaka Uli….
….
Berikut
sebagian daripada salahsatu naskah sastra sunda
………
Sim
kuring diajar ngagurit
lalakon
Alam ayeuna tina
Hal
salira nu jadi pokok
sangkan
manah bisa kabuka
Kabuka
Tunggalna Wujud
dipapay
ti memehna aya
Nepi
ka aya bukti
tina
teu aya kana aya
geus
aya jadi cekcok
nyorang
kana karamean
ngalaman
di dunya
ayeuna
bade diatur
urang
tetek ti asal-Na
Rencangna
anu kawarta
kapiasih
aya opat
hiji
Nyi Raden Sareat
dua
Nyi Raden Tarikatan
tilu
Nyi Raden Harikat nu ka opatna
kakocap
Nyi Raden Ma’ripat
leuwih
lucu
Asupna
oge opat deui
ka
jerona tangtu opat
enya
jadi buktina oge
anu
asal seuneu tea
nya
hana getih beureum jadina
anu
asal angin tangtu
nya
getih koneng jadina
Ari
anu asalna bumi
nya
getih hideung jadina
ari
anu asal cai eta teh
nya
getih bodas jadina
Minangkana
mun manuk tea mah
jangjangna
baris diicis
ngarenggebeng
duanana
dibeberkeun
duanana samasakali
ngan
lianteu dikiplik-kiplik
eta teh
lir ibarat kitu
ari
perkara Miroj
geus gulung atina garuda paksi
istu buleud hanteu kagigir hanteu katukang
Ari
ieu nu digurit
Lalakon
alam ayeuna
Tina
hal salira nu jadi poko
ngawincik Nu Aya Dina Salira
sangkan manah bisa Kabuka
Kabuka Tunggal-Na Wujud
dipapay ti memehna aya
Kapan
parantos kapegat
kapiheulaan
ku Dalil
Laa
hawla wala kuwwata tea
cenah
geuning sundana dalil
hanteu
daya hanteu upaya, kitu
nyasat
la haola kawas rokrak
lebah
dinya tacan kaharti
bet
aya rokrak kudu kawasan
Saupami
kitu mah dua
hirup
rokrak hirup Gusti
rakana
enggal ngajawab
Rai,
ulah salah harti
Urang
soteh ceuk nu hirup
Hurip
nyaeta Nu Disebut Hirup
Hirup
teh nyaeta Cahaya
Cahaya
Padang Muhammad Hakeki
Hirup teh nya Rasa Rasulullah
Rasullah teh di mana
naha kumaha ari
mamanahan Rai
upama nunjuk ka Mekah peuntas
atuh meureun ka jabariyahi
upama nuduh ka hawadis
atuh meureun ka wujudiyah tangtuna
cenah euweuh Allah Taala kapungkur ngarana
cenah aya Allah Taala kapir
kade bisi nyorang kupur kapir tea
Eta teh kudu kaharti
Atawa sing karasa nyata
Sebab Allah Ta’ala tea
Cek dalilna Dzat Laesa tea
Kamistlihi lajengna mah
Dzat Yang Agung teh teu ngawujud
henteu aya keur ngupaya
tah kitu Rai hartina
bisi teu acan mangarti
lain urang ceuk nu anyar
nu anyar teh hawadis anu wujud
anu anyar moal ningali..
tangtu Gusti anu leuwih weruh
anu Dzat Laesa tea
Dzat Laesa Kamitslihi
Nyaeta Ahadiat Wahdat nyata
Paingan atuh disebutnya
anu geus terang ka Maha Suci
disebut bodo dirina
nya atuh paingan teuing
La haola teh penning yakin
bener Gusli teh Anu Agung
anu Dzat Laesa tea
Nu Teu Owah Nu Teu Gingsir
Anu Daya Anu Upaya teh Kawasa
Lain sipat anu anyar
atawa sipat hawadis
Anu Tiasa Awas Ningal
kana Sipat Hirup teh lain
seleresna mah Anu Goib
ningali kana Sipat Hirup
nyaeta Ahadiat tea
anu disebut Dzat Teu Aya
keur Ngupamana
……….
Itulah filosofi dari sastra 2 sunda, sebagian dari warisan
budaya leluhur…dari karya2 sastranya .
Fungsi seni begitu tinggi, yaitu dapat membimbing jiwa
manusia ke arah yang lebih
manusiawi. Lebih lagi dalam WJU, pengarahan manusia ke arah
sifat manusiawi bukan
tentang hakikat manusia, dan mengarahkan ke tujuan manusia
paling lop yaitu membimbing manusia meraih the ultimate reality atau hakikat
kenyataan, mulih kajati mulang ka asal, inna lillahi wainna illaihi rojiun,
asal dari Allah dan kembali kepada Allah. Ajaran disajikan secara sistematis,
dengan melalui pemahaman yang jelas, melalui penerobosan gejala-gejala yang
dapat diindra, kemudian penerobosan ke alam gaib. Dengan kata lain dari ‘Ada’
yang sederhana, yang dapat diindra, pada konsep “Ada”
yang memerlukan penghayatan mendalam. Dengan demikian, ajaran yang cukup
muskil, menjadi ajaran yang relatif dapat dicerna.
Ajaran dalam WJU sangat kompleks. Hal-hal yang dapat disimak
dari WJU secara
garis besar adalah sebagai berikut:
1) Memberikan pengertian tentang Tunggal-Nya- Yang Ada (Yang
Ada Hakiki/Tunggal-Nya Allah). Pembahasan tentang realitas .ketuhanan yang
disajikan dalam WJU dalam garis besarnya menekankan, pertama, alam
Ahadiayat/Allah yang ada sendiri-Nya/Alam Gaib/Dzat Laisa Kamitslilii/Zainun
Kun Dzat. Kedua alam proses penciptaan manusia (Zaman Kun Fayak). Ketiga, alam
setelah wujud manusia terbentuk secara lahiriyah yaitu Zaman Kun Mutlak.
Pembahasan ini menimbulkan kesadaran yang sedalam-dalamnya mengenai kebesaran
dan kekuasaan Allah. Tentang Tunggal-Nya Allah merupakan tujuan dari penggubahan
karya ini. Fungsi-fungsi yang akan diuraikan pada nomor selanjutnya berpusat
pada masalah Tunggal-Nya Wujud (Tunggal-Nya Allah). Adapun tujuan pokok
tersebut diungkapkan pada pembukaan,
2). Memberikan pemahaman tentang ma’rifat kupada Allah.
Perilaku beragama yang paling awal adalah mengenal Alah seperti tercantum dalam
dalil yang berbunyi: Awaludin marifatullah. Dzat Allah (Dzat Laisa Kamitslihi),
yaitu Dzat yang tidak dapat diumpamakan oleh apapun. Untuk mengetahui Allah,
manusia harus memahami diri sendiri, seperti yang ditekankan pada hadis yang
berbunyi: Waman arofa nafsahu, fakod arofa Robbahu.
3) Pembahasan “sifat dua puluh” memiliki fungsi-fungsi yang
cukup luas sebagai berikut: a) Membangkitkan kesadaran sebagai khalifah Allah
di dunia.
b) Memberikan kesadaran pada manusia, bahwa dirinya
mengemban tugas untuk mendekatkan dirinya dengan “sifat-sifat Allah” (antara
lain: pengasih, penyayang, pengampun, dst.), menimbulkan kesadaran yang
sedalam-dalamnya bahwa diri manusia sebagai khalifah Allah memiliki kemampuan
berupa pancaran (emanasi) dari “sifat dua puluh” Allah,
c) Memberikan kesadaran yang sedalamdalamnya bahwa kemampuan
manusia hanyalah Rahmat Allah, dengan demikian manusia dibatasi oleh
keterbatasan.
d) Menumbuhkan semangat untuk mengembangkan kemampuan
anugerah dari Allah seoptimal mungkin.
e) Menimbulkan kesadaran untuk menjaga kesucian Allah,
menjaga kesucian hidung, mata, telinga, mulut, karena bagian tersebut mendapat
emanasi dari “sifat dua puluh” Allah, serta berusaha meninggikan martabatnya
seoptimal mungkin atas anugerah tersebut.
f) Menyadari dan menumbuhkan rasa syukur sedalamdalamnya
bahwa manusia dianugerahi sifat ilmu dan sifat ilmu itu
merupakan power, tapi
juga harus menyadari bahwa dirinya tidak mempunyai kekuatan
apapun. Dengan kesadaran manusia bahwa dirinya mendapat anugerah sifat ilmu,
mendorong untuk terus menerus mencari ilmu.
g) Menumbuhkan rasa syukur atas anugerah yang telah
diberikan kepada
manusia, yang ditinggikan dari makhluk lain.
4) Menyadarkan bahwa manusia memiliki tugas penting dalam
peribadatan yaitu salat. Salat dikerjakan karena ada naluri, hawaun turobun dan
maun pada manusia. Narun berdiri, hawaun ruku, turobun sujud, dan maun duduk.
Menyadarkan untuk melupakan urusan jasmani ketika sembahyang, kemudian
menggantinya dengan badan rohani (Isbat Napi) seperti keberadaan Allah, “Ada”
tetapi “Tidak Wujud” (tidak bisa diindra).
5) Mengingatkan kepada manusia bahwa dirinya harus
mendekatkan diri/melihat Allah secara kekal. Manusia melihat Allah (ketika di
dunia) dengan mata hati.
6) Pembahasan tentang proses penciptaan alam memberikan
pemahaman mengenai ‘kejadian manusia’ supaya manusia memahami dirinya dan
mengerti tugas apa yang diemban oleh dirinya. Menyadarkan manusia untuk bekerja
keras menuju pencapaian tertingginya di kehidupan akhir yang kekal setelah
kematian.
7) Mengingatkan bahwa untuk mengetahui Muhammad Hakeki/
badan rohani supaya menjadi tajali kepada Allah dan ‘wajib’ berguru kepada guru
mursid.
8) Menumbuhkan kesadaran manusia bahwa dirinya dibatasi oleh
keterbatasan. Ada hadis yang
berbunyi: Man arofa nafsahu, faqod arofa robbahu waman arofa robbahu,faqod
jahillan nafsahu (manusia yang mengetahui dirinya maka akan mengetahui
Tuhannya, manusia yang mengetahui Tuhan-nya maka dirinya bodoh). Manusia yang
mengetahui dirinya yaitu mengetahui Adam Hakeki dalam dirinya dan selamanya
harus selalu menghadap/ melihat/ menyebut asma Allah, dengan petunjuk dari guru
mursid. Manusia dapat melihat Allah dengan badan rohani, namun terbatas karena
Dzat Allah, Dzat Laisa Kamitslihi, serta manusia terkena dalil laa hawla wala
kuwwata ilia bilahil aliyyil adzim.
9) Dalil bahwa diri manusia selalu ada dalam penglihatan-Nya
yang melekat pada diri
manusia menumbuhkan kesadaran pada manusia untuk menjaga diri
pada tempat turobun,maun, hawaun, narun, untuk tetap suci yaitu diisi dengan
asma Allah supaya dirinya bias kembali kepada-Nya. Inna lillahi winna ilaihi
rojiun.
10) Menimbulkan kesadaran kepada manusia terhadap sifat
rahman dan rahim Allah.
11) WJU mengandung renungan-renungan filsafat yang tinggi.
Bahasan di atas tidak
dikelompokkan ke dalam filsafat metafisika sebab bahasan
tersebut termasuk ajaran.
Renungan filsafat yang terdapat pada WJU mengarahkan
kesadaran pada jiwa yang
optimistis. Menurut WJU, manusia adalah sebagai penentu
dirinya (self determining reality) baik untuk kehidupan masa kini maupun untuk
kehidupan setelah kematian. Pencapaian manusia baik untuk dunia maupun untuk
akhirat tergantung dari kehendak manusia itu sendiri. Allah memiliki sifat
rahman rahim bagi manusia.
Oleh karena itu manusia bergantung pada Dia. Rahman yaitu
kasih sayang Allah untuk kehidupan dunia dan rahim yaitu kasih sayang Allah
untuk kehidupan akhirat nanti, yakni berupa penglihatan Muhammad Hakeki. Tuhan
telah membagikan rahman rahim kepada manusia dalam ukuran yang sama, yaitu
dengan mengenali “sifat dua puluh”-Nya. Pandangan demikian menyadarkan manusia
untuk tidak takabur baik dalam keduniawian maupun peribadatan untuk mencapai
dunia kulak, bersabar, tidak frustrasi jika menemui kegagalan, karena manusia
laa hawla wal kuwwata ila billahi atiyyil adziim, Dengan demikian WJU
menetapkan pijakan yang kokoh dalam kehidupan.
12) Setiap manusia berkewajiban menghargai sesamanya, siapa
pun “adanya” karena dalam setiap diri manusia terdapat
13) Menempatkan terminal akhir dari perjalanan hidup di
tempat paling utama. Persoalan
duniawi merupakan ketidakpastian. Persoalan yang jelas
pasti, manusia akan didalangi oleh“ajal”.
14) Menyadarkan manusia untuk mencari rizki yang halal,
karena jika rizki yang tidak
diridhoi Allah akan tidak sesuai dengan narun, liawaun, maun
dan turobun azali yang suci yang ada di dalam tubuh rohani. Makanan yang tidak
diridhoi Allah, akan melahirkan turunan yang tidak diharapkan, karena mani yang
akan meregenarasi kehidupan berasal dari makanan.
……….
……….
Salalm saUDARA
Rahayu _/\_
No comments:
Post a Comment