Friday, June 1, 2012

NAGARA RAGATAYA -WJU (Wawacan Jaka Ula Jaka uli)


WJU (Wawacan Jaka Ula Jaka uli)

Tersebutlah sebuah negara bernama Raga taya. Pemegang tahta kerajaan
bernama Raden Howasul Howas dengan permaisuri bernama Nyi Raden Sareat, Nyi Raden Tarikaton, Nyi Raden Hakekat, dan Nyi Raden Maripat. Patihnya bernama Raden Batara Suria Katon dan Raden Wulanyata. Kedua patih tersebut masih saudara raja.
Raja memiliki dua orang putra yang sangat tampan bernama Raden Jaka Ula dan Raden Jaka Uli….
….
Berikut sebagian daripada salahsatu naskah sastra sunda
………


Sim kuring diajar ngagurit
lalakon Alam ayeuna tina
Hal salira nu jadi pokok
sangkan manah bisa kabuka
Kabuka Tunggalna Wujud
dipapay ti memehna aya
Nepi ka aya bukti
tina teu aya kana aya
geus aya jadi cekcok
nyorang kana karamean
ngalaman di dunya
ayeuna bade diatur
urang tetek ti asal-Na

Rencangna anu kawarta
kapiasih aya opat
hiji Nyi Raden Sareat
dua Nyi Raden Tarikatan
tilu Nyi Raden Harikat nu ka opatna
kakocap Nyi Raden Ma’ripat
leuwih lucu
Asupna oge opat deui
ka jerona tangtu opat
enya jadi buktina oge
anu asal seuneu tea
nya hana getih beureum jadina
anu asal angin tangtu
nya getih koneng jadina
Ari anu asalna bumi
nya getih hideung jadina
ari anu asal cai eta teh
nya getih bodas jadina
Minangkana mun manuk tea mah
jangjangna baris diicis
ngarenggebeng duanana
dibeberkeun duanana samasakali
ngan lianteu dikiplik-kiplik
eta teh lir ibarat kitu
ari perkara Miroj
geus gulung atina garuda paksi
istu buleud hanteu kagigir hanteu katukang
Ari ieu nu digurit
Lalakon alam ayeuna
Tina hal salira nu jadi poko
ngawincik Nu Aya Dina Salira
sangkan manah bisa Kabuka
Kabuka Tunggal-Na Wujud
dipapay ti memehna aya
Kapan parantos kapegat
kapiheulaan ku Dalil
Laa hawla wala kuwwata tea
cenah geuning sundana dalil
hanteu daya hanteu upaya, kitu
nyasat la haola kawas rokrak  
lebah dinya tacan kaharti
bet aya rokrak kudu kawasan
Saupami kitu mah dua
hirup rokrak hirup Gusti
rakana enggal ngajawab
Rai, ulah salah harti
Urang soteh ceuk nu hirup
Hurip nyaeta Nu Disebut Hirup
Hirup teh nyaeta Cahaya
Cahaya Padang Muhammad Hakeki
Hirup teh nya Rasa Rasulullah
Rasullah teh di mana
naha kumaha ari mamanahan Rai
upama nunjuk ka Mekah peuntas
atuh meureun ka jabariyahi
upama nuduh ka hawadis
atuh meureun ka wujudiyah tangtuna
cenah euweuh Allah Taala kapungkur ngarana
cenah aya Allah Taala kapir
kade bisi nyorang kupur kapir tea
Eta teh kudu kaharti
Atawa sing karasa nyata
Sebab Allah Ta’ala tea
Cek dalilna Dzat Laesa tea
Kamistlihi lajengna mah
Dzat Yang Agung teh teu ngawujud
henteu aya keur ngupaya
tah kitu Rai hartina
bisi teu acan mangarti
lain urang ceuk nu anyar
nu anyar teh hawadis anu wujud
anu anyar moal ningali..
tangtu Gusti anu leuwih weruh
anu Dzat Laesa tea
Dzat Laesa Kamitslihi
Nyaeta Ahadiat Wahdat nyata
Paingan atuh disebutnya
anu geus terang ka Maha Suci
disebut bodo dirina
nya atuh paingan teuing
La haola teh penning yakin
bener Gusli teh Anu Agung
anu Dzat Laesa tea
Nu Teu Owah Nu Teu Gingsir
Anu Daya Anu Upaya teh Kawasa
Lain sipat anu anyar
atawa sipat hawadis
Anu Tiasa Awas Ningal
kana Sipat Hirup teh lain
seleresna mah Anu Goib
ningali kana Sipat Hirup
nyaeta Ahadiat tea
anu disebut Dzat Teu Aya
keur Ngupamana

……….
Itulah filosofi dari sastra 2 sunda, sebagian dari warisan budaya leluhur…dari karya2 sastranya .

Fungsi seni begitu tinggi, yaitu dapat membimbing jiwa manusia ke arah yang lebih
manusiawi. Lebih lagi dalam WJU, pengarahan manusia ke arah sifat manusiawi bukan
tentang hakikat manusia, dan mengarahkan ke tujuan manusia paling lop yaitu membimbing manusia meraih the ultimate reality atau hakikat kenyataan, mulih kajati mulang ka asal, inna lillahi wainna illaihi rojiun, asal dari Allah dan kembali kepada Allah. Ajaran disajikan secara sistematis, dengan melalui pemahaman yang jelas, melalui penerobosan gejala-gejala yang dapat diindra, kemudian penerobosan ke alam gaib. Dengan kata lain dari ‘Ada’ yang sederhana, yang dapat diindra, pada konsep “Ada” yang memerlukan penghayatan mendalam. Dengan demikian, ajaran yang cukup muskil, menjadi ajaran yang relatif dapat dicerna.

Ajaran dalam WJU sangat kompleks. Hal-hal yang dapat disimak dari WJU secara
garis besar adalah sebagai berikut:

1) Memberikan pengertian tentang Tunggal-Nya- Yang Ada (Yang Ada Hakiki/Tunggal-Nya Allah). Pembahasan tentang realitas .ketuhanan yang disajikan dalam WJU dalam garis besarnya menekankan, pertama, alam Ahadiayat/Allah yang ada sendiri-Nya/Alam Gaib/Dzat Laisa Kamitslilii/Zainun Kun Dzat. Kedua alam proses penciptaan manusia (Zaman Kun Fayak). Ketiga, alam setelah wujud manusia terbentuk secara lahiriyah yaitu Zaman Kun Mutlak. Pembahasan ini menimbulkan kesadaran yang sedalam-dalamnya mengenai kebesaran dan kekuasaan Allah. Tentang Tunggal-Nya Allah merupakan tujuan dari penggubahan karya ini. Fungsi-fungsi yang akan diuraikan pada nomor selanjutnya berpusat pada masalah Tunggal-Nya Wujud (Tunggal-Nya Allah). Adapun tujuan pokok tersebut diungkapkan pada pembukaan,

2). Memberikan pemahaman tentang ma’rifat kupada Allah. Perilaku beragama yang paling awal adalah mengenal Alah seperti tercantum dalam dalil yang berbunyi: Awaludin marifatullah. Dzat Allah (Dzat Laisa Kamitslihi), yaitu Dzat yang tidak dapat diumpamakan oleh apapun. Untuk mengetahui Allah, manusia harus memahami diri sendiri, seperti yang ditekankan pada hadis yang berbunyi: Waman arofa nafsahu, fakod arofa Robbahu.

3) Pembahasan “sifat dua puluh” memiliki fungsi-fungsi yang cukup luas sebagai berikut: a) Membangkitkan kesadaran sebagai khalifah Allah di dunia.
b) Memberikan kesadaran pada manusia, bahwa dirinya mengemban tugas untuk mendekatkan dirinya dengan “sifat-sifat Allah” (antara lain: pengasih, penyayang, pengampun, dst.), menimbulkan kesadaran yang sedalam-dalamnya bahwa diri manusia sebagai khalifah Allah memiliki kemampuan berupa pancaran (emanasi) dari “sifat dua puluh” Allah,
c) Memberikan kesadaran yang sedalamdalamnya bahwa kemampuan manusia hanyalah Rahmat Allah, dengan demikian manusia dibatasi oleh keterbatasan.
d) Menumbuhkan semangat untuk mengembangkan kemampuan anugerah dari Allah seoptimal mungkin.
e) Menimbulkan kesadaran untuk menjaga kesucian Allah, menjaga kesucian hidung, mata, telinga, mulut, karena bagian tersebut mendapat emanasi dari “sifat dua puluh” Allah, serta berusaha meninggikan martabatnya seoptimal mungkin atas anugerah tersebut.
f) Menyadari dan menumbuhkan rasa syukur sedalamdalamnya
bahwa manusia dianugerahi sifat ilmu dan sifat ilmu itu merupakan power, tapi
juga harus menyadari bahwa dirinya tidak mempunyai kekuatan apapun. Dengan kesadaran manusia bahwa dirinya mendapat anugerah sifat ilmu, mendorong untuk terus menerus mencari ilmu.
g) Menumbuhkan rasa syukur atas anugerah yang telah diberikan kepada
manusia, yang ditinggikan dari makhluk lain.

4) Menyadarkan bahwa manusia memiliki tugas penting dalam peribadatan yaitu salat. Salat dikerjakan karena ada naluri, hawaun turobun dan maun pada manusia. Narun berdiri, hawaun ruku, turobun sujud, dan maun duduk. Menyadarkan untuk melupakan urusan jasmani ketika sembahyang, kemudian menggantinya dengan badan rohani (Isbat Napi) seperti keberadaan Allah, “Ada” tetapi “Tidak Wujud” (tidak bisa diindra).

5) Mengingatkan kepada manusia bahwa dirinya harus mendekatkan diri/melihat Allah secara kekal. Manusia melihat Allah (ketika di dunia) dengan mata hati.

6) Pembahasan tentang proses penciptaan alam memberikan pemahaman mengenai ‘kejadian manusia’ supaya manusia memahami dirinya dan mengerti tugas apa yang diemban oleh dirinya. Menyadarkan manusia untuk bekerja keras menuju pencapaian tertingginya di kehidupan akhir yang kekal setelah kematian.

7) Mengingatkan bahwa untuk mengetahui Muhammad Hakeki/ badan rohani supaya menjadi tajali kepada Allah dan ‘wajib’ berguru kepada guru mursid.

8) Menumbuhkan kesadaran manusia bahwa dirinya dibatasi oleh keterbatasan. Ada hadis yang berbunyi: Man arofa nafsahu, faqod arofa robbahu waman arofa robbahu,faqod jahillan nafsahu (manusia yang mengetahui dirinya maka akan mengetahui Tuhannya, manusia yang mengetahui Tuhan-nya maka dirinya bodoh). Manusia yang mengetahui dirinya yaitu mengetahui Adam Hakeki dalam dirinya dan selamanya harus selalu menghadap/ melihat/ menyebut asma Allah, dengan petunjuk dari guru mursid. Manusia dapat melihat Allah dengan badan rohani, namun terbatas karena Dzat Allah, Dzat Laisa Kamitslihi, serta manusia terkena dalil laa hawla wala kuwwata ilia bilahil aliyyil adzim.

9) Dalil bahwa diri manusia selalu ada dalam penglihatan-Nya yang melekat pada diri
manusia menumbuhkan kesadaran pada manusia untuk menjaga diri pada tempat turobun,maun, hawaun, narun, untuk tetap suci yaitu diisi dengan asma Allah supaya dirinya bias kembali kepada-Nya. Inna lillahi winna ilaihi rojiun.

10) Menimbulkan kesadaran kepada manusia terhadap sifat rahman dan rahim Allah.

11) WJU mengandung renungan-renungan filsafat yang tinggi. Bahasan di atas tidak
dikelompokkan ke dalam filsafat metafisika sebab bahasan tersebut termasuk ajaran.
Renungan filsafat yang terdapat pada WJU mengarahkan kesadaran pada jiwa yang
optimistis. Menurut WJU, manusia adalah sebagai penentu dirinya (self determining reality) baik untuk kehidupan masa kini maupun untuk kehidupan setelah kematian. Pencapaian manusia baik untuk dunia maupun untuk akhirat tergantung dari kehendak manusia itu sendiri. Allah memiliki sifat rahman rahim bagi manusia.
Oleh karena itu manusia bergantung pada Dia. Rahman yaitu kasih sayang Allah untuk kehidupan dunia dan rahim yaitu kasih sayang Allah untuk kehidupan akhirat nanti, yakni berupa penglihatan Muhammad Hakeki. Tuhan telah membagikan rahman rahim kepada manusia dalam ukuran yang sama, yaitu dengan mengenali “sifat dua puluh”-Nya. Pandangan demikian menyadarkan manusia untuk tidak takabur baik dalam keduniawian maupun peribadatan untuk mencapai dunia kulak, bersabar, tidak frustrasi jika menemui kegagalan, karena manusia laa hawla wal kuwwata ila billahi atiyyil adziim, Dengan demikian WJU menetapkan pijakan yang kokoh dalam kehidupan.

12) Setiap manusia berkewajiban menghargai sesamanya, siapa pun “adanya” karena dalam setiap diri manusia terdapat

13) Menempatkan terminal akhir dari perjalanan hidup di tempat paling utama. Persoalan
duniawi merupakan ketidakpastian. Persoalan yang jelas pasti, manusia akan didalangi oleh“ajal”.

14) Menyadarkan manusia untuk mencari rizki yang halal, karena jika rizki yang tidak
diridhoi Allah akan tidak sesuai dengan narun, liawaun, maun dan turobun azali yang suci yang ada di dalam tubuh rohani. Makanan yang tidak diridhoi Allah, akan melahirkan turunan yang tidak diharapkan, karena mani yang akan meregenarasi kehidupan berasal dari makanan.
……….
……….
Salalm saUDARA
Rahayu _/\_

No comments:

Post a Comment